Loading...

Merawat Battrey Laptop (UP DATE)

Merawat Batrry Laptop (UP DATE)

DENTEKNO.COM - Bissmilah, Sebelumnya artikel ini sudah pernah saya bagikan, akan tetapi ini saya Up Date lagi untuk penjelasan lebih jauh Perawatan Battrey Laptop. Tentang merawat Batre Laptop yang baik. Emmm...Punya laptop banyak kendala? Akh gak juga, banyak banget tips tips untuk merawat laptop secara manual. Tapi memang tidak semua para pemilik laptop mengetahuinya.Oke di bawah ini ada sebagian hal yang perlu kita semua pahami dalam merawat laptop khususnya batrenya. Baterai memang sangat dibutuhkan bagi mereka yang punya mobilitas tinggi, semisal untuk Tugas, browsing sambil cari wifi gratisan, ataupun iseng – iseng buat nulis (baca : ngetik) kaya yang ane lakuin sekarang ini. Baterai juga sama kaya kompomen – komponen lain yang istilahnya punya usia masa pakai, umumnya masa pakai baterai laptop kebanyakan berkisar 2 sampai 4 tahun, kalaupun ada yang lebih dari itu, anggap aja bonus lah. Sebelum ane kasih tips buat merawat baterai laptop supaya masa pakainya bisa tahan lebih lama, ane mau kasih tau beberapa hal yang terkadang tidak kita sadari dapat memperpendek umur baterai laptop kita. 

Masalah dengan daya tahan baterai ini sangat disadari oleh perusahaan laptop dan mereka terus berinovasi untuk menciptkan baterai yang bisa tahan lama. Namun ada beberapa tips atau cara merawat atau mengawetkan baterai laptop yang bisa Anda lakukan sendiri. Di bawah ini beberapa tips singkat bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop anda agar senantiasa awet dan panjang umur dan tentunya akan membuat anda merasa nyaman selama menggunakannya. Simak baik baik,mungkin akan berguna bagi kita semua:

1. Penggunaan laptop secara berlebihan. Laptop tidak didesign untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu lama seperti untuk kebutuhan grafis, editing, ataupun bermain game, sehingga apabila kita menggunakan laptop untuk kebutuhan – kebutuhan yang membutuhkan resourcebesar seperti tadi, maka akan menyebabkan konsumsi daya menjadi tinggi, dan akan cepat meyebabkan baterai menjadi panas, efek panjangnya juga akan mempengaruhi dalam hal kapasistas penyimpanan daya baterai itu sendiri.

2. Jangan membiarkan daya baterai hingga 0%. Menggunakan laptop hingga baterai kosong dapat meningkatkan wear level pada baterai, dan juga dapat memperpendek umur dari laptop itu sendiri karena komponen – komponen yang tadi bekerja saat laptop digunakan, tiba –tiba mati karena kehabisan daya dari baterai.

3. Saat pemakaian, pastikan suhu ruangan berada dalam kondisi normal atau tidak terlalu panas. Anda bisa menggunakan cooling pad jika perlu untuk menjaga suhu ruangan anda sedang berada.

4. Hindari sebisa mungkin baterai kosong sampai 0%. Langsung charger jika baterai mulai limit.

5. Jika sudah penuh, maka segeralah cabut kabel charger laptop Anda.

6. Hindari baterai dari air dan panas matahari secara langsung. Hindari juga dari debu yang dapat merusak komponen.

7. Jangan menghidupkan laptop yang sedang dicharger. Tunggulah untuk beberapa waktu sampai benar benar baterai laptop dalam keadaan penuh.

8. Gunakan adaptor charger original untuk menghindari kebocoran daya baterai.

9. Charger baterai laptop dalam keadaan laptop mati atau tidak menyala.

10. Jangan colokan adaptor charger laptop pada terminal yang bercabang banyak. Hal ini untuk menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir pada laptop. Semoga bermanfaat...

Baca Artikel yang Lain...

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

DenTekno
Newer Posts Older Posts
Back To Top