Loading...

Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot

DENTEKNO.COM - Kita sadari Laptop / Komputer sekarang bukanlah Barang mewah, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan Kita sehari-hari, semua itu tentunya diharapkan leptop atau Komputer Kita berjalan lancar atau dalam kondisi baik dan Normal. Pada intinya untuk menangani Laptop yang terasa lemot atau bisa dibilang sangat lelet yaitu dengan cara melakukan perawatan dengan cara berkala serta lakukan sebagian langkah tune-up simpel. Apabila memanglah dibutuhkan langkah install lagi windows atau upgrade komponen hardware mungkin itu adalah jalan keluarnya supaya kemampuan Laptop terus maksimal. Silahkan anda simak baik-baik 10 Tips Cara Mengatasi Laptop / Komputer Lemot.

Cara Mengatasi Leptop/Komputer Lemot

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot.

1. Laptop lambat lantaran kekurangan Memory

Permasalahan Laptop yang lambat lantaran minimnya RAM yang terpasang adalah hal yang biasanya telah di ketahui oleh seluruhnya pemakai computer.

Karenanya coba teliti kemampuan memory yang terpasang, untuk laptop sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP serta aplikasi standard baiknya upgrade-lah memory jadi minimum 1 GB.

2. Laptop lambat lantaran terlampau banyak program yang terinstall.

Dengan cara pribadi saya kerap temukan laptop terlebih punya pribadi yang di-install berbagai macam program didalamnya, walau sebenarnya aplikasi itu tidak sering atau bahkan juga tak pernah dipakai sekalipun.

Periksalah program apa sajakah yang terinstall dilaptop lewat cara click Add/Remove Program di Control Panel serta un-install program-program yang cuma jadi " accesories " itu.

3. Laptop lambat lantaran terlampau banyak startup programs serta service yang jalan.

Hal semacam ini terkait dengan point no 2, makin banyak program yang terinstall, makin banyak juga program serta service yang bakal digerakkan saat windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program serta service yang jalan automatis itu, masuklah ke " Sistem Configuration Utility " lewat cara tulis : msconfig pada menu run, lalu pada tab service serta startup kerjakan uncheck pada aplikasi-aplikasi yg tidak dibutuhkan.

Untuk lihat aplikasi apa sajakah yang tengah jalan, kita dapat memakai tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita bisa lihat serta menonaktifkan (kill) aplikasi apa sajakah yg tidak dibutuhkan atau dicurigai juga sebagai virus.

4. Laptop lambat lantaran Temporary File yang telah membengkak.
Pemicu Computer lambat yang keempat yaitu telah membengkaknya file-file temporary (sesaat). Untuk Windows Xp tempat file itu ada di : " C : Documents and Settingsnama_userLocal SettingsTemp " serta " C : WINDOWSTemp ".
Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang ada di ke-2 tempat itu atau lakukan program Disk CleanUp lewat cara click start-run, tulis : " cleanmgr " lantas tentukan drive yang bakal di-cleanup.

5. Laptop lambat lantaran terlampau banyak program yang berperan juga sebagai " security program."

Security program seperti program antivirus serta firewall adalah aplikasi penambahan yang perlu ada pada computer, namun jangan sampai terlalu berlebih umpamanya dengan meng-install 2-3 program antivirus sekalian.

Untuk permasalahan security windows, yang terutama yaitu kerjakan up-date, aktifkan firewall serta pakai antivirus yg tidak membebani computer seperti umpamanya PCMAV Antivirus dan berhati-hatilah saat memakai USB Flashdisk/Memory Card.

6. Laptop lambat lantaran permasalahan pada hardisk

Hardisk adalah komponen ke-2 sesudah RAM yang dapat mengakibatkan computer jadi lambat. Permasalahan Computer lambat yang dikarenakan oleh hardisk ini salah satunya lantaran :

  • hardisk low space
  • hardisk yang terfragmentasi
  • hardisk yang telah lama, hingga rpm-nya menurun
  • hardisk error/bad sector

Langkah menangani computer lambat lantaran permasalahan pada hardisk di atas yaitu:

  • upgrade kemampuan hardisk dengan menaikkan atau ubah hardisk
  • kerjakan defragmenter pada hardisk dengan cara berkala
  • hindari hardisk dari debu, goncangan serta panas berlebihan.
  • perbaiki rusaknya pada hardisk dengan tool checkdisk.

7. Laptop lambat lantaran ada virus, malware atau spyware pada computer.

Jika computer kita telah terlebih dulu diserang virus atau malware, jadi baiknya lakukan Windows Safe Mode, matikan sarana sistem restore serta manfaatkanlah program Virus Cleaner seperti umpamanya Norman Malware Cleaner untuk bersihkan virus atau malware itu serta kerjakan juga up-date pada system operasi.

8. Laptop lambat lantaran Sistem Files ada yang corrupt atau bahkan juga hilang.

Umumnya berlangsung sesudah computer terinfeksi virus serta file-file yang terinfeksi itu terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Jalan keluar yang paling mudah yaitu dengan merepair system operasi yang dipakai.

9. Laptop lambat lantaran permasalahan hardware overheat.

Hardware overheat baik itu berlangsung pada hardisk, vga card, processor atau cpu dengan cara umum dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan computer yang selanjutnya computer jadi hang, lambat atau bahkan juga kerap restart. Karenanya yakinkan aliran hawa di bagian dalam CPU jalan dengan baik begitupun pada fan (kipas angin) mesti bersih dari debu serta bisa berputar dengan lancar.

10. Laptop lambat lantaran ada permasalahan konektifitas pada jaringan/network.

Hal semacam ini dapat berlangsung lantaran trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau ada virus yang coba masuk ke system computer anda. Untuk mengatasinya, cobalah terlepas serta pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub serta pakai program Port scanner untuk lihat packet data apasajakah yang masuk serta keluar dari computer anda.

Hanya 10 Cara yang dapat Kami Ulas Cara Mengatasi Leptop/Komputer Lemot. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Baca Artikel yang Lain...

4 comments

wah,,ternyata banyak sekali faktor computer lemot itu ya,,saya jadi lebih tahu permasalahan nya dimana..terimakasih ya..

Reply

artikel yang bermanfaat sekali,, terimakasih ya.. sukses selalu...

Reply

Aamiin, trims mas..:)
sukses juga buat mas...

Reply

Iya mas, banyak faktor yg mempengaruhi leptop Lemot...:)
Sama-sam mas..:)

Reply

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

DenTekno
Newer Posts Older Posts
Back To Top